Keamanan Sistem Operasi Dari VIRUS, SPYWARE, WORM, TROJAN DAN MALWARE

Assalamualaikum Wr.Wb
post kali ini saya akan membandingkan keamanaan sistem operasi dari virus , spyware, worm , trojan dan malware

A.Pengertian 
  1.  Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. 
  2. Virus adalah program yang di tulis atau di desain khusus untuk menyerang celah keamanan sistem jaringan komputer dan juga komputer pribadi atau laptop.  Tujuan utama virus adalah untuk menghancurkan sistem komputer dan mencuri segala data-data yang ada di dalam komputer dan dapat menyebabkan pemilik komputer kerugian puluhan ribu bahkan jutaan rupiah untuk memulihkan kembali sistem komputer mereka.
  3. Spyware adalah Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korbannya , spyware akan mengumpulkan dan mencuri informasi sebanyak-banyaknya untuk bisa digunakan para penjahat cyber. Hal yang paling sering menjadi sasaran adalan username dan password untuk situs perbankan, email, portal dan sebagainya.
  4. Worm adalah program yang bisa mengaktifkan dirinya sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak ketiga. Yang artinya, jika worm sudah berhasil masuk dalam sebuah komputer atau jaringan komputer maka worm ini akan dapat berpindah kekomputer lain di dalam sebuah jaringan secara otomatis tanpa dapat dicegah oleh pemilik komputer lain yang ada di dalam jaringan tersebut. Worm tidak akan mampu menginfeksi sebuah sistem komputer bila celah keamanan (vulnerability) di dalam jaringan komputer itu sudah ditutup/ ditambal (patch). Yang artinya, virus akan lebih mudah menginfeksi jaringan komputer yang ter-patch dibanding dengan worm.
  5. Trojan adalah program yang dibuat seperti program baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang ketika diinstal ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komuter tersebut Komputer yang sudah terinfeksi Trojan akan membuka jalan kepada penyerang atau
    orang yang tidak dikenal mencuri data yang berada di dalam komputer.
  6. Malware (Malicious Software) adalah Malware adalah aplikasi komputer yang khusus dibuat dengan tujuan mencari celah dan kelemahan software ,Malware dirancang untuk mengganggu atau menolak software dengan tujuan mengumpulkan informasi yang mengarah pada hilangnya privasi atau eksploitasi, atau mendapatkan akses tidak sah ke sumber daya sistem.
Perbandingannya 
 




Referensi
 Referensi 
---> Buku pengenalan Sistem operasi BLC Telkom

semoga bermanfaat sekian dan terima kasih 😁😇
Referensi

Referensi
Referensi






Share:

0 komentar:

Posting Komentar