Menginstal Debian Server diProxMox

Assalamualaikm Wr.Wb

A.Sejarah Debian

  • Pendiri (1993-98)

Debian pertama kali diumumkan pada tanggal 16 Agustus 1993, oleh Ian Murdock , yang pada awalnya memanggil sistem "Debian Linux Release".Kata "Debian" dibentuk sebagai kombinasi dari nama depan pacarnya Debra Lynn dan nama depannya sendiri. Sebelum rilis Debian, Softlanding Linux System (SLS) telah menjadi distribusi Linux yang populer dan basis untuk Slackware. Pemeliharaan dan prevalensi bug yang dirasakan di SLS memotivasi Murdock untuk meluncurkan distribusi baru. Debian 0.01, dirilis pada tanggal 15 September 1993, adalah yang pertama dari beberapa rilis internal. Versi 0.90 adalah rilis publik pertama, memberikan dukungan melalui milis yang dihosting di Pixar. Proyek Debian merilis versi 0.9x pada tahun 1994 dan 1995. Selama masa ini disponsori oleh Free Software Foundation selama satu tahun. Ian Murdock mendelegasikan sistem dasar, paket inti Debian. Debian 1.1 dirilis pada tahun 1996. Pada saat itu dan berkat Ian Jackson , manajer paket dpkg sudah menjadi bagian penting Debian. Pada tahun 1996, Bruce Perens mengambil alih kepemimpinan proyek. Perens adalah pemimpin yang kontroversial, dianggap otoriter dan sangat terikat dengan Debian. Dia merancang kontrak sosial dan saran yang diedit dari diskusi selama sebulan ke dalam Kontrak Sosial Debian dan Panduan Perangkat Lunak Bebas Debian. Pada saat Debian 1.2 diluncurkan, proyek ini telah berkembang menjadi hampir dua ratus sukarelawan. Perens meninggalkan proyek tersebut pada tahun 1998. Ian Jackson menjadi pemimpin pada tahun 1998. 

  • Pemilihan pemimpin (1999-2005)

Dari tahun 1999, pemimpin proyek dipilih setiap tahun. Advanced Packaging Tool dikerahkan dengan Debian 2.1. Turunan Debian pertama, yaitu Libranet, Corel Linux dan Stormix 's Storm Linux, dimulai pada tahun 1999. Rilisan 2.2 pada tahun 2000 didedikasikan untuk Joel Klecker, pengembang yang meninggal dunia. Pada akhir tahun 2000, proyek ini mereorganisasi arsip dengan paket baru "kolam" dan menciptakan distribusi Pengujian, terdiri dari paket yang dianggap stabil, untuk mengurangi pembekuan untuk rilis berikutnya. Pada bulan Mei 2001, Hewlett-Packard mengumumkan rencana untuk mendasarkan pengembangan Linux-nya di Debian. Pada bulan Juli 2002, proyek ini merilis versi 3.0, yang diberi kode bernama Woody, rilis pertama yang menyertakan perangkat lunak kriptografi, KDE dan internasionalisasi berlisensi gratis. 

  • Sarge dan kemudian rilis (2005-15)

Rilis 3.1 Sarge dibuat pada bulan Juni 2005. Rilis ini memperbarui 73% perangkat lunak dan menyertakan lebih dari 9.000 paket baru. Debian 4.0 (Etch) dirilis pada bulan April 2007, menampilkan port x86-64 dan installer grafis. Debian 5.0 (Lenny) dirilis pada bulan Februari 2009, mendukung platform Marvell's Orion dan netbook seperti Asus Eee PC. 
Debian 6.0 (Squeeze) dirilis pada bulan Februari 2011, memperkenalkan Debian GNU / kFreeBSD sebagai pratinjau teknologi, menampilkan sistem boot berbasis ketergantungan, dan memindahkan firmware bermasalah ke area non-bebas. Debian 7.0 (Wheezy) dirilis pada bulan Mei 2013, yang menampilkan dukungan multiarch. Debian 8.0 (Jessie) dirilis pada bulan April 2015, menggunakan sistemd sebagai sistem init baru. Debian 9.0 (Stretch) dirilis pada bulan Juni 2017. Saat ini , Debian masih dalam pengembangan dan paket baru diupload menjadi tidak stabil setiap hari. Sepanjang masa Debian, distribusi Debian dan situs webnya telah memenangkan berbagai penghargaan dari berbagai organisasi, termasuk Distribusi Server Tahun 2011, distro Linux terbaik tahun 2011.

B. Pengertian
Debian adalah adalah sistem operasi komputer mirip Unix yang seluruhnya terdiri dari perangkat lunak bebas , yang sebagian besar berada di bawah Lisensi Publik Umum GNU dan dikemas oleh sekelompok individu yang berpartisipasi dalam Proyek Debian. Proyek Debian pertama kali diumumkan pada tahun 1993 oleh Ian Murdock , Debian 0.01 dirilis pada tanggal 15 September 1993, dan rilis stabil pertama dibuat pada tahun 1996. Debian adalah salah satu yang paling populer untuk komputer pribadi dan server jaringan , dan telah digunakan sebagai basis bagi banyak distribusi lainnya. Pekerjaan proyek dilakukan melalui Internet oleh tim relawan yang dipandu oleh Debian Project Leader dan tiga dokumen mendasar: Kontrak Sosial Debian, Konstitusi Debian, dan Panduan Perangkat Lunak Bebas Debian. Sebagai salah satu sistem operasi paling awal yang berbasis pada kernel Linux , diputuskan bahwa Debian akan dikembangkan secara terbuka dan bebas didistribusikan dalam semangat Proyek GNU . Keputusan ini menarik perhatian dan dukungan dari Free Software Foundation , yang mensponsori proyek ini selama satu tahun mulai November 1994 sampai November 1995. Sementara port utama Debian, Debian GNU / Linux, menggunakan program kernel Linux dan GNU , port lain ada berdasarkan kernel BSD dan GNU HURD microkernel. Semua menggunakan userland GNU dan perpustakaan GNU C (glibc).


C. Latar belakang
Membuat VM untuk persiapan sebelum menginstall debian server di proxmox

D. Maksud dan tujuan
kita perlu membuat VM untuk wadah Debian nya di proxmox terlebih dahulu.

F. Hal yang di butuhkan
1. PC Server yang sudah terinstall ProxMox VE
2. Jaringan VLAN

G. Jangka waktu Pelaksanaan
  5-10 menit

H. Langkah pelaksanaan

1. Pastikan Sudah Remoute proxmox dari browser , klik VM yang telah dibuat, klik console
2. lalu muncul seprti ini , klik instal
3. pilih bahasa English seperti ini
4. pilih tempatnya Asia 
5. pilih Indonesia
6. pilih United states 
7. pilih American English
8. tunggu , lalu keluar Configure the Network pilih Configure Network Manually
 9. isikan ip address Vlan
10. isikan gateway
11. isikan name server
12. isikan hostname
13. isikan domain name
14. masukkan root password
15. isikan full name user
14. isikan username
15. isikan pasword untuk user yang tadi dibuat
16. pilih daerah untuk mengatur jam
17. tunggu , lalu muncul Partition disk (mempartisi harddisk ) pilih use entire disk and set up LVM 
 18. langsung enter saja
19. pilih All files in one partition 
 20.  pilih yes
21. pilih finish partitioning and write changes to disk 
 22. pilih yes
23. tunggu sampai muncul Configure the package manager  pilih  NO 
24. network mirror pilih NO 
 25. Participate in the package usage survey pilih yes
26.  pilih seperti ini softwere yang mau diinstal
27. instal GRUB boot loader pilih yes
28. Device for boot loader installasion , pilih seperti ini
29. tunggu , lalu muncul finish installation klik continue
30. kalau sudah dicoba menge-ping ip server
udah sampai sini dulu ya sekian dan terimakasih 😇

I. Referensi 
https://en.wikipedia.org/wiki/Debian
Share:

0 komentar:

Posting Komentar