VoIP

Assalamualaikum Wr.Wb

post kali ini tentang VoIP

A. Pengertian 



Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau (Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai macam jalan menggunakan hak milik dan standar serta protokol terbuka.

Keuntungan Menggunakan VoIP


  • Biaya rendah untuk sambungan langsung jarak jauh
  • Memanfaatkan infrastuktur jaringan data yang sudah ada untuk suara
  • Penggunaan Bandwidth yang lebih kecil dari pada telepon biasa
  • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada
Kerugian menggunakan VoIP


  • Kualitas suara rendah 
  • ada jeda dalam berkomunikasi 
  • Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP meliwati internet
  • Peralatan yang relatif mahal


Briker




Briker yaitu perangkat lunak untuk menjadikan komputer sebagai sentral telepon. aplikasi ini memudahkan komunikasi yang dibangun dengan basis open source. Briker dapat membuat server VoIP sendiri agar tercipta komunikasi dengan biaya hemat, selain itu Briker juga mendukung penuh terhadap voice dan video conference, sehingga kita bisa melakukan conference dengan membuat room sendiri untuk conference, salah satu yang menarik lagi dari Briker adalah dapat menciptakan LCR (Least Cost Routing).
        Salah satu contoh dari server VoIP adalah Briker, yaitu satu Operating system untuk aplikasi IPPBX seperti, Trixbox, Elastix dan asterisknow. Briker merupakan distro linux, buatan local (Indonesia asli), semoga dengan adanya Briker masyarakat Indonesia dapat membuat server VoIP sendiri agar tercipta komunikasi dengan biaya hemat. Briker mendukung penuh terhadap voice dan video conference, sehingga kita bisa melakukan conference dengan membuat room sendiri untuk conference, salah satu yang menarik lagi dari Briker adalah dapat menciptakan LCR (Least Cost Routing) dimana Briker dengan pintar mencari jalur terhemat untuk telephone dengan interkoneksi ke PSTN, GSM dan CDMA atau provider VoIP lainnya.

B. Referensi
1. https://id.wikipedia.org 
2. https://www.briker.org


itu saja sekian dan terimakasih 😁
Share:

0 komentar:

Posting Komentar