Instal FTP Server di Debian Server

Assalamualaikum Wr.Wb

post kali ini tentang FTP apa itu FTP ?

A. Sejarah FTP 



FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu protokol tertua yang pernah ada di Internet. Protokol FTP dikembangkan oleh Abhay Bhushan (alumni IIT dan  MIT) pada tahun 1970-an, ketika bekerja pada proyek ARPAnet. Namun demikian, FTP tetap menjadi jenis layanan yang kerap kali dimanfaatkan oleh pengguna Internet, terutama untuk mendownload software atau hal-hal lain. File Transfer Protocol [FTP] telah ada semenjak dua puluh tahun di sejarah internet, sehingga protokol ini sudah memiliki standard yang baik. Banyak cara lain yang datang dan pergi, tetapi FTP merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengirimkan file melalui internet, dan ini menjadikannya perangkat yang kami sarankan untuk memamanage situs Anda di MediaHostNet – FTP client sudah tersedia dalam setiap sistem operasi yang mendukung jaringan, dan ada beberapa unsur dalam managemen situs yang hanya dapat dilakukan dengan menggunakan FTP client. FTP menjadi sebuah elemen penting dalam internet sehingga akan sangat merugikan jika tidak menyediakan fasilitas yang mendukung FTP sebagai bagian dalam situs Anda.

B. Pengertian FTP 

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, yaitu suatu standar protokol untuk proses pengiriman file antara komputer-komputer yang terhubung dalam suatu jaringan, dalam hal ini jaringan internet.

Untuk dapat menggunakan FTP, kita harus mendapatkan hak akses dari computer tujuan pengiriman dan atau komputer yang datanya akan kita ambil. Hak akses tersebut berupa username dan password. Selain itu, kita juga harus memiliki software FTP (FTP Client), seperti filezilla, ws_ftp, flashfxp, dan masih banyak lagi yang lainnya.


FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan pengunggahan (upload) file-file computer antara FTP client dan FTP server. Sebuah FTP client merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah FTP server. Sementara FTP server adalah sebuah Server atau daemon yang berjalan diatas sebuah komputer yang merupakan respon terhadap perintah-perintah dari sebuah FTP client. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, upload file computer ke FTP server, serta men-download file dari server FTP.

C. Latar Belakang 

Konfigurasi Debian Server
ingin menyimpan file

D. Tujuan 

dapat menyimpan file

E. Waktu yang Dibutuhkan 

5-10 Menit

F. Alat dan bahan 

1. Laptop 
2. PC Debian Server

G. Langkah Pelaksanaan 

1. buka terminal dan remote debian server dengan ssh atau yang lainnya contoh : (ssh dimas@192.168.2.2
2. masukke super user dahulu dengan perintah # su lalu ketikkan perintah seperti dibawah ini
3. pilih yang bawah seperti ini 
4. Setelah itu Konfigurasi FTP , ketikkan perintah seperti dibawah ini 
5. Dan Edit seperti ini , baris terakhir 
6. jika sudah restart ftpnya dengan perintah dibawah ini 
7. jika sudah masuk ke browser anda lalu ketikkan ftp://192.168.2.2  lalu masukkan user dan passwordnya
8. jika mau upload file di ftp instal dulu fireFTP di firefox 
H. Referensi 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar