Implementasi AP Bridge pada RouterBoard MikroTik

Assalamualaikum Wr.Wb

pada post kali ini tentang Implementasi AP Bridge pada RouterBoard MikroTik berikut topologinya

sedikit penjelasan RouterBoard 1 dibuat mode AP Bridge dan ethernet 1 sebagai pusat internet dan ethernet 2 sebagai client. RouterBoard 2 dibuat mode Station dan ethernet 2 juga dibuat client.

A. Pengertian 

  • Mode AP-Bridge 
Mode AP-bridge digunakan sebagai Access point atau pemancar yang bisa melayani banyak client atau disebut juga dengan PTMP (Point To Multi Point), mode ini bisa kita gunakan untuk network yang sifatnya Routing ataupun Bridging. Untuk menggunakan mode AP-Bridge ini perangkat Routerboard minimal harus memiliki lisensi level 4.

B. Latar Belakang 
Memberi akses internet pada ruangan-ruangan yang tidak memungkinkan untuk dipasang kabel

C. Tujuan 
agar semua ruangan yang tidak memungkinkan dipasang kabel bisa mendapat akses internet

D. Alat dan Bahan 
1. RouterBoard Mikrotik 2 buah (yang sudah support wireless)
2. Internet
3. Laptop

E. Waktu Pelaksanaan
20-30 Menit

F. Langkah Pelaksanaan 
Setting Untuk AP Bridge

1.Pertama Buka Winbox dilaptop atau komputer anda
2.Masuk ke system lalu pilih Identity kasih nama RouterBoard MikroTik anda */NB: usahakan nama MikroTik jangan dihilangkan karena biar tidak binggung saat mau masuk lagi.
3. pilih tab wireless lalu aktifkan interface wlan1 
4. lalu kasih IP pada eth2 dan wlan1 
5. setelah itu masuk IP --> DHCP Client klik pada icon tambah lalu isikan pilihan interface yang dari switch atau yang mempunyai akses internet, jika ada koneksi internet maka akan mendapat IP dan status berubah menjadi Bound 
6. lalu pilih IP -->DHCP-Server agar kita otomatis mendapatkan IP untuk megakses internet DHCPkan ethernet yang tersambung ke pc/laptop anda dan jangan lupa DHCPkan wlan agar bisa menyambung ke wifi tanpa menambahkan IP sendiri, dengan cara klik DHCP setup lalu klik next sampai selesai.
7. lalu masuk ke IP Firewall pilih tab NAT tambahkan dengan klik tanda tambah pilih chain scrnat dan Out interfacenya isikan port yang ditancapkan ke sumber internet, pilih tab Action pilih Actionnya masquerade lalu ok.


G. Referensi 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar